SENKOM POLRI / SENKOM MITRA POLRI dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas MABES POLRI. "
www.WARTA-SENKOM.blogspot.com
@SENKOMPUSAT
WARTE SENKOM

Sabtu, 03 November 2012

TINGKATKAN KAMTIBMAS LEWAT PELATIHAN NASIONAL

Keamanan dan ketertiban masyarakat bukan tanggung jawab Polri dan TNI saja, tapi semua elemen masyarakat berhak dan wajib ikut berperan.
        Dalam rangka mengikuti perkembangan masyarakat saat ini dan kebutuhan akan peningkatan kemampuan anggota SENKOM Mitra Polri dalam segala aspek, maka beberapa waktu yang lalu diadakan pelatihan kader pemuda mitra kamtibmas Mabes Polri tingkat nasional angkatan III 2010 di gedung yayasan Minhajurrosyidin Lubang Buaya Jakarta Timur. Kegiatan ini adalah kerjasama Senkom Mitra Polri dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia yang diikuti 550 anggota Senkom Mitra Polri perwakilan dari provinsi, kab/kota seluruh Indonesia.
       Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam bermitra dengan Polri. Hal ini berguna untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat serta susksesnya pembangunan  nasional.
      Kesempatan untuk membantu di bidang kamtibmas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sangat terbuka lebar, demikian kata Karo Bimmas Mabes Polri Brigjen Polisi Surmana Yudhi dalam sambutan pembukaan pelatihan mewakili Kapolri.
     Dalam sambutannya dikatakan bahwa pelatihan ini sudah dilaksanakan Senkom Mitra Polri sejak 2004 dan pelatihan kali ini adalah yang ketiga kalinya.
     Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya diberikan kepada pengurus pusat Senkom Mitra Polri atas terbentuknya Senkom dan terselenggaranya pelatihan ini, lanjut beliau. Mabes Polri juga memberikan penghargaan Polisi Kehormatan kepada ketua Senkom Mitra Polri 33 provinsi, kab/kota se Indonesia.
      Senkom Mitra Polri saat ini sudah terbentuk di 33 provinsi, 534 kab/kota se Indonesia, dengan jumlah anggota sebanyak 2,8 juta personil yang siap membantu kamtibmas.
     Kami tidak mau melihat dan mendengar ada anggota Senkom yang menjadi beking kejahatan atau menjadi anggota Senkom untuk kepentingan memperkaya diri sendiri, kata Ketua Senkom Pusat H. Mohammad Sirot, SH.

     Untuk menjadi anggota Senkom harus sudah bekerja, bebas dari narkoba berdasarkan tes urine dan sudah pernah mengikuti pelatihan kader mitra kamtibmas dengan Polres, Polda atau Mabes Polri, tambahnya.
     Kegiatan pelatihan ini diharapkan juga dilakukan di setiap provinsi, sehingga semua anggota Senkom Mitra Polri selalu siap dalam melaksanakan tugasnya, kata pembina Senkom, Komjen Pol (Purn) Drs. H. Nurfaizi, MM.

     Pelatihan kader pemuda mitra kamtibmas ini diisi oleh pemateri dari Kemendagri, Panglima TNI, Kemenhan, Kemensos, Dirlantas Polri, Kemenpora, Kemendiknas, dilanjutkan oleh Basarnas, Kemenhub, Kemenkoinfo, KPK, Kabaintelkam Polri, Kabareskrim Polri, dan BNPB.

     Dalam pelatihan ini Mabes Polri memberikan bantuan kendaraan operasional kepada Senkom Mitra Polri sebanyak 33 unit kendaraan Toyota Fortuner untuk tiap-tiap provinsi. Kegiatan ini ditutup oleh Kombes Pol Maman Rachman dari Mabes Polri. *wak genok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar